KAJIAN

DETAIL KAJIAN

Dibalik Tahun Baru Islam

 

Tahun Baru Islam atau tahun baru hijriyah (1 Muharram 1437 Hijriyah) merupakan sebuah peristiwa hijriyahnya Nabi Muhammad SAW dari Makkah menuju Madinah.

Peristiwa ini tergores dalam tinta sejarah Islam yang hingga saat ini diperingati sebagai pergantian tahun baru Islam.

Dalam kisah Nabi kita Nabi Muhammad SAW, banyak hal yang bisa kita cermati dan kita ambil hikmahnya, sehingga menjadi pedoman kita dalam menjalani kehidupan sehari hari.

Adapun hal yang mampu kita ambil hikmahnya dari Hijrahnya Nabi Muhammad SAW dari Makkah ke Madinah antara lain kita harus menjadi orang yang lebih bisa sabar dalam menghadapi berbagai cobaan dan masalah.

Bulan Muharram juga dianggap bulan paling suci kedua, setelah bulan Ramadhan. Di bulan ini, sebagian umat Muslim biasanya akan melaksanakan ibadah puasa.

Hari kesepuluh Muharram adalah hari Asyura, beberapa ummat Muslim berpuasa sepanjang hari ini, karena tercatat dalam sebuah hadits menerangkan bahwa Nabi Musa A.S dan kaumnya memperoleh kemenangan atas Firaun Mesir pada hari 10 Muharram.

Hal ini juga sesuai dengan anjuran Nabi Muhammad SAW yang meminta umat Islam untuk berdoa pada 10 Muharram, yaitu Asyura dan pada hari sebelum pada 9 Muharram yang dikenal dengan hari Tasu`a.

Di Indonesia, 1 Muharram masuk dalam daftar hari besar Islam yg diakui pemerintah dan menjadi hari libur nasional.